BERITA & ACARA
BERITA & ACARA
11-April-2019

ADA APA DENGAN TANDA +75 KG? SEBERAPA BESAR PENGARUHNYA DI DUNIA BALAP MOBIL NASIONAL

Dalam ajang balap, regulasi bobot kendaraan menjadi cara penyelenggara untuk menciptakan suasana balap yang kompetitif diantara peserta. 
Penambahan beban tambahan pun dikenakan bagi pembalap yang telah berhasil menjadi juara, sehingga kesempatan untuk mempertahankan gelar juara kian sulit.

Seperti yang sobat tahu, bahwa bobot sangat mempengaruhi performa dari sebuah besutan balap. Tak heran jika mobil balap indentik dengan komponen racing yang memiliki bobot seringan mungkin. Hal ini bertujuan agar tenaga mesin tidak terbebani oleh berat kendaraan yang berlebihan.

Contoh gampangnya, jika sebuah mobil mampu menghasilkan tenaga sebesar 150 dk dengan bobot seberat 1.050 kg, artinya setara dengan  7 kg/dk. Jadi setiap 1 dk akan menarik beban seberat 7 kg.  Jika bobot kendaraan ditambah 75 kg, otomatis setiap 1 dk akan menarik bobot menjadi 7,5 kg.

"Penambahan bobot ini membuat akselerasi saat keluar tikungan menjadi lebih lamban," ujar Fitra Eri dari tim Honda Bandung Center yang mendapat penambahan bobot 75 kg di kelas Honda Jazz Speed Challenge 2019 (7/4).

Untuk itu diperlukan peningkatan kecepatan di tikungan melalui setting kendaraan agar catatan waktu per lap nya tidak berkurang drastis. Salah satunya adalah penepatan bobot tambahan tersebut dan setup suspensi.

Jika mengacu pada sirkuit Sentul yang memiliki banyak tikungan ke kanan dan hanya tiga tikungan ke kiri, maka bobot tambahan wajib ditempatkan di bagian kanan mobil. Plus serendah mungkin agar tidak merusak dari center of gravity dari kendaraan agar tetap stabil saat melibas tikungan.

Sedangkan dalam setting suspensi, otomatis per perlu dibuat lebih keras akibat tambahan bobot seberat satu orang dewasa ini. Karena hal ini akan mempengaruhi jarak pengereman daan pengendalian mobil.

Nah, jadi kebanyang kan Sob. Penambahan bobot di kendaraan akan mempengaruhi banyak hal. Perubahan di setting suspensi serta catatan waktu menurun. 

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2019, Hak cipta dilindungi Undang-undang.