BERITA & ACARA
BERITA & ACARA
11-April-2022

TIM GARUDA UNY SABET JUARA UMUM DI AJANG FORMULA ELECTRIC STUDENT CHAMPIONSHIP

Formula Electric Student Championship (FESC) merupakan salah satu rangkaian event Indonesia International Motor Show (IIMS) 2022 yang diadakan di Jakarta International Expo pada tanggal 30 Maret-10 April 2022. Dalam kompetisi yang diikuti oleh 11 perguruan tinggi , tim Garuda UNY yang disponsori oleh Prestone – Master  berhasil mendapatkan gelar Juara 1 Skidpad, Juara 1 Endurance, dan Juara Umum.

TIGA TANTANGAN

Dalam kompetisi antar perguruan ini, setiap tim mendapat tiga tantangan yang berbeda, yakni uji akselerasi, skidpad dan mengitari trek sebanyak 60 lap dalam balap endurance. Dari ketiga tantangan ini, tim Garuda UNY berhasil menjadi yang terbaik di uji skidpad dan endurance. Hal ini dilatari oleh kekompakan tim dalam meramu setup kendaraan untuk menjadi yang terbaik.

Kegagalan di uji akselerasi, membuat tim mempelajari kesalahan yang  mereka lakukan. Penggunaan ban slick membuat traksi roda berlimpah sehingga membuat kerugian dalam hal hambatan gelinding atau bahasa kerennya rolling resistance. Tak ayal membuat tim Garuda UNY memutuskan untuk mengganti ban basah agar hambatan gulir kian minim. Apalagi saat dipadu dengan kondisi trek yang basah sehingga pemilihan ban ini dirasa tepat.

Temuan gejala understeer oleh Sultantyo Djatinegoro selaku driver Garuda EV-22 ini langsung ditanggapi serius oleh mekanik. Pengurangan tekanan angin ban menjadi cara pertama untuk memberikan grip pada roda depan. Namun usaha ini belum menuntaskan masalah sehingga setting suspensi perlu dilakukan agar kinerja ban kian optimal.

Hal ini sangat penting dalam menemukan setup suspensi yang tepat sebelum menghadapi tantangan ketiga dalam balap endurance. Tanpa setup yang tepat, tentu catatan waktu per lap akan sulit diraih.

Sultantyo Djatinegoro pun mengatakan bahwa tantangan dalam kompetisi ini adalah driver harus gesit dan memiliki daya tahan tubuh kuat karena harus menyelesaikan 60 lap pada uji endurance dan efisiensi.

Manager Tim Mobil Garuda UNY, Kesit Bayu Purnomo menambahkan bahwa proses yang telah dilewati tim meliputi persiapan, riset, manufaktur, dan latihan driver yang dilakukan selama 3 bulan.

Hal ini jelas sebuah hasil yang sangat baik untuk tim Garuda UNY dan dapat dijadikan bekal untuk menghadapi kompetisi International Student Car Competition (ISCC) di Korea Selatan.

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2022. Maintained by kreasimaya. Hak cipta dilindungi oleh Undang-undang.