TIPS & TRIK
TIPS & TRIK
18-February-2020

MEMILIH ATF DI MOBIL TOYOTA? PERHATIKAN WARNA DIPSTICK OLI TRANSMISI MATIK

Populasi mobil dengan transmisi matik di kota-kota besar, terus meningkat. Tingkat kemacetan lalu lintas menjadi alasan utama konsumen dalam memilih mobil matik. Biar gak salah dalam mengganti oli matik mobil Toyota, Sobat tinggal memperhatikan warna dipsticknya.

Produk Toyota di Indonesia hanya membedakan dua tipe transmisi otomatis, yakni jenis CVT dan konvensional, alias masih menggunakan rasio gigi di dalamnya. Tapi di transmisi konvensional sendiri, teknologinya pun terus dikembangkan sehingga memerlukan spesifikasi pelumasan yang berbeda.

Jika transmisi matik tanpa roda gigi alias CVT, jelas memerlukan pelumas yang dibuat khusus untuk transmisi jenis ini. Lain halnya dengan jenis konvensional dengan rasio roda gigi yang memiliki ragam pilihan pelumas transmisi, dari Dextron III, T-IV hingga WS.

Untuk membedakannya, Sobat dapat melihat dari warna dipstick. Jika berwarna kuning, artinya pelumas rekomendasinya masih standar Dextron III. Sedangkan untuk dipstick warna orange, diperuntukan oli matik dengan standar T-IV. Sedangkan dipstick warna hitam atau tanpa dipstick untuk model Toyota terbaru, memerlukan pelumas matik berstandar WS.

Perbedaan ini didasari terhadap perkembangan teknologi dari transmisi tersebut, dimana untuk generasi awal, peran oli lebih digunakan untuk perpindahan gigi secara mekanikal berdasarkan tekanan. Kemudian peran elektronik mulai disematkan sehingga memerlukan pelumas dengan standar T-IV yang tidak menganggu kinerja elektronik di dalamnya.

Sedangkan pelumas matik dengan standar WS, diperuntukan untuk memberikan kinerja transmisi kian responsif dengan tingkat kekentalan oli lebih encer ketimbang jenis lainnya lantaran memiliki saluran yang lebih kecil. Alhasil, transmisi berstandar oli WS menggunakan spesifikasi di bawahnya – yang notabene lebih kental – otomatis kinerjanya akan terganggu. Begitu pun sebaliknya, jika terlampau encer, otomatis akan membuat tekanan  yang diinginkan menjadi tidak tercapai.

Prestone ATF Multi-Vehicle dapat menggantikan oli matik di mobil Toyota dengan standar Dextron III dan T-IV atau dengan memperhatikan warna dipstick kuning dan orange.

So… jangan sampai salah pilih oli matik ya Sob…

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2020, Hak cipta dilindungi Undang-undang.