TIPS & TRIK
TIPS & TRIK
16-July-2021

APA ITU ENGINE FLUSH? BENARKAH DAPAT MENGEMBALIKAN PERFORMA MESIN?

Sobat Autochem tentu pernah mendengat kalimat engine flush? Apa itu Engine Flush? Bagaimana cara kerjanya? Apakah dapat merusak mesin jika rutin menggunakannya? Temukan jawabannya di artikel ini…

Engine flush merupakan cairan kimia yang bertugas untuk meluruhkan atau membersihkan kotoran dari oksidasi oli mesin agar sistem pelumas kembali bersih. Nah, sifat membersihkan inilah yang patut menjadi perhatian Sobat. Jangan sampai salah bertindak sehingga mesin malah rusak akibat menggunakan engine flush.

Mengapa Perlu Mematuhi Waktu Yang Direkomendasikan?

Setiap produk engine flush memiliki cara pakai yang telah ditentukan, semisal MASTER Oil System Cleaner ini memiliki waktu pemakaian direntang 10-15 menit, sedangkan PRESTONE Engine Flush hanya 5 menit dengan mesin dalam kondisi idle (stasioner).

Hal ini dikarenakan sifat dari engine flush adalah meluruhkan seluruh kotoran di dalam mesin termasuk merusak fungsi dari pelumas. Dengan waktu yang telah ditentukan tersebut, produsen engine flush telah menghitung kemampuan dari produknya dalam meluruhkan kotoran namun masih aman digunakan.

Begitu pun dengan klausul untuk mesin dihidupkan dalam kondisi idle (stasioner). Hal ini pun disebabkan oleh rusaknya pelumas mesin dengan cairan engine flush ini. Kebayang kan Sob, jika mesin bekerja dengan diberikan beban seperti putaran mesin tinggi atau dikendarai, tentu akan merusak mesin akibat komponen bergerak tidak terlindungi oleh pelumas mesin.

Maksud hati ingin membersihkan kerak lebih banyak, namun malah keausan komponen bergerak membuat usia pakai mesin menjadi lebih singkat.

Apakah Engine Flush Akan Merusak Sil Di Mesin?

Sil yang terbuat dari material karet akan rusak jika bersentuhan dengan cairan yang bersifat asam. Untuk itulah, penting bagi pemilik mobil untuk mencari produk engine flush yang tidak memiliki kandungan asam tinggi dengan PH di bawah 5 (PH 7 = Netral)

PRESTONE Engine flush memiliki kadar PH Netral sehingga aman digunakan untuk membersihkan residu karbon di ruang oli mesin. Begitu pun dengan MASTER Oli System Cleaner.

Nah… Jadi jangan asal pilih engine flush ya… Plus jangan salah dalam mengaplikasikannya…

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2021. Maintained by kreasimaya. Hak cipta dilindungi oleh Undang-undang.