BERITA & ACARA
BERITA & ACARA
18-June-2024

KEREN, GERBANG TOL NON TUNAI NIRSENTUH AKAN DIMULAI SECARA BERTAHAP PADA AKHIR 2024

Setelah uji coba sejak bulan Desember 2023 di ruas tol Bali Mandara, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan penerapan sistem transaksi tol non tunai nirsentuh atau Multi Lane Free Flow (MLFF), akan dimulai secara bertahap pada akhir 2024.

Setelah masa uji coba, masih ada beberapa hal yang harus dievaluasi, termasuk teknis dan manajerial di lapangan. Pelaksanaan MLFF akan diterapkan secara bertahap, yaitu Single Lane Free Flow (SLFF) dengan barrier dan tapping (hybrid). 

Setelah itu dilanjutkan dengan masa transisi di mana diterapkan SLFF dengan barrier. Selanjutnya, SLFF tanpa dan MLFF secara penuh. Untuk teknologi yang digunakan tetap GNSS, sehingga tetap membutuhkan aplikasi Cantas untuk melakukan transaksi pembayaran tol. 

Usai bertahap dari uji coba di Jalan Tol Bali Mandara, bila berhasil akan diperluas. Ketika teknologi MLFF sudah mulai diimplementasi pada seluruh jalan tol, pengguna wajib mendaftarkan data pribadi dan nomor kendaraan via aplikasi Cantas sebelum memasuki jalan tol. 

Hal ini untuk mendukung kedisiplinan pengguna dalam melakukan pembayaran. Karena itu pengguna jalan tol harus memperhatikan registrasi aplikasi Cantas dan kecukupan saldo sebelum memasuki jalan tol. Tidak akan ada penambahan biaya atau perubahan tarif tol ketika sistemnya sudah beralih menggunakan MLFF.

Cara Kerja Gerbang Tol Non Tunai Nirsentuh

Dengan MLFF yang menggunakan aplikasi, maka sistem transaksi tol akan lebih cepat karena pengguna tidak perlu lagi berhenti untuk menempelkan kartu elektronik sehingga antrean di gerbang tol tidak ada lagi. Sistem transaksi nontunai atau MLFF juga membuat biaya operasional pengumpulan tol semakin efisien. 

Nanti untuk melintasi jalan tol, Anda cukup mengunduh aplikasi Cantas dan melakukan registrasi, serta memastikan saldo tersedia. Karena akan ada Gantry yang akan mengawasi kendaraan di beberapa titik di ruas tol agar tidak ada pelanggaran.

Sistem MLFF mengandalkan teknologi satelit Global Navigation Satellite System (GNSS) di mana pergerakan kendaraan saat melewati jalan tol akan dideteksi melalui satelit. Untuk melintasi jalan tol, Anda cukup menekan tombol ‘start’ pada aplikasi Cantas sebelum masuk jalan tol. 

GNSS akan menentukan posisi yang dideterminasi oleh satelit dan proses map matching akan berjalan di central system. Saat perjalanan berakhir dan kendaraan keluar tol, maka proses map matching berakhir. Aplikasi akan mengkalkulasi tarif dan kemudian saldo Anda akan terpotong secara otomatis.

Gunakan Cairan Mobil PRESTONE dan MASTER

Banyak komponen kendaraan tergantung kepada kualitas fluida supaya dapat bekerja optimal di segala kondisi jalan, termasuk di jalan tol. Mobil membutuhkan cairan pendingin yang andal supaya mesin tidak overheat dan cairan rem yang berkualitas supaya rem tidak blong di kondisi berat.

Pastikan berbagai fluida seperti cairan rem, cairan radiator, oli matic, oli gardan, dan oli transmisi selalu dalam kondisi prima. Ganti cairan kendaraan dengan produk Autochem Industry seperti PRESTONE dan MASTER secara rutin supaya kualitasnya terjaga dan irit bahan bakar.

 

 

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2024. Maintained by kreasimaya. Hak cipta dilindungi oleh undang-undang.