PT Autochem Industry (AI) sebagai salah satu produsen cairan kendaraan bermotor terkemuka di Indonesia, merayakan ulang tahun ke-40 tahun ini. Saat ini, sudah lebih dari 100 produk Prestone dan Master dipasarkan di Indonesia.
”PT Autochem Industry (AI) berdiri pada 13 November 1984. Pada saat itu, belum ada cairan rem atau brake fluid produksi lokal. Autochem yang mengimpor cairan rem Prestone, kemudian mendapatkan izin supaya dapat mengembangkannya sendiri di Indonesia,” terang Richard Sada, Komisaris Utama PT Autochem Industry.
“Awalnya, sulit untuk menjual merek Prestone. Namun seiring waktu, produk ini mulai dikenal banyak orang yang akhirnya laris di pasaran dan menjadi market leader,” lanjutnya.
Ada beberapa kelebihan yang membuat Prestone disukai pengguna mobil dan sepeda motor sampai sekarang.
Pertama, Prestone mengembangkan sendiri produk untuk memenuhi kebutuhan pasar. Meskipun bahan dasar kimianya dikirimkan dari prinsipal, PT AI memiliki kesempatan untuk melakukan riset supaya kualitas produknya sesuai dengan kondisi jalan dan kebiasaan berkendara konsumen lokal.
Kedua, kemasan Prestone Brake Fluid lebih sulit dipalsukan. Seperti diketahui, begitu ada produk otomotif laku di pasaran, akan keluar produk palsu yang memanfaatkan ketenarannya. Hal ini juga terjadi pada cairan rem Prestone.
Solusinya, PT AI membuat sendiri tutup kemasan unik dengan dua warna (two color cap) yang lebih sulit ditiru. Bersama keandalannya di kendaraan, kelebihan ini membuat brand Prestone semakin dipercaya oleh masyarakat.
Kembali ke tahun 1997, PT AI menangkap peluang untuk memperluas market cairan kendaraan karena daftar produk brand Prestone yang begitu lengkap dan beragam.
Bermodalkan penjualan brake fluid yang melampaui ekspektasi, diperoleh izin untuk mulai memproduksi cairan lain, seperti power steering fluid, automatic transmission fluid, carburator cleaner, dan produk perawatan kendaraan lainnya.
Perluas cakupan produk ke radiator coolant, Autochem membangun brand Master Radiator Coolant di tahun 1998. Setelah jatuh bangun, Master Radiator Coolant berhasil menjadi market leader dengan kekuatan utama pada harga yang terjangkau berbagai kalangan.
Kekuatan penting lainnya, PT AI melakukan riset yang mendalam supaya cairan pendingin radiator ini dapat memenuhi kebutuhan pelanggan, dan beradaptasi dengan lingkungan berkendara negara tropis yang ekstrem.
Kemampuan membaca ‘kearifan lokal’ untuk selanjutnya meraciknya dengan pas, adalah kunci kesuksesan produk-produk Prestone dan Master hingga kini. Semakin lengkap lantaran dapat dimanfaatkan oleh mobil dan sepeda motor yang memperluas jangkauan pasarnya.
Keinginan untuk selalu memenuhi kebutuhan pelanggan dengan memperhatikan trend yang berkembang, memberikan PT AI peluang untuk terus menghadirkan produk yang up-to-date dengan daya guna tinggi.
Perusahaan juga menyambut dengan tangan terbuka era mobil listrik yang kian populer di Indonesia. Perluas cakupan produk, PT AI mulai meramu produk car care Brocks untuk mempercantik tampilan segala jenis mobil, termasuk kendaraan elektrifikasi.
Chemical menjadi kekuatan utama PT AI. Produk Autochem akan terus mengikuti perkembangan zaman, mulai merambah area perawatan bodi kendaraan dan akan terus berkembang sejalan keberagaman kebutuhan konsumen Tanah Air.
“Dengan lebih dari 100 produk perawatan kendaraan, Autochem optimis dalam menyongsong usia emas dan menghadapi persaingan yang semakin kompetitif. Sebagai brand yang sudah mapan, penyebaran produk Prestone dan Master merata di banyak wilayah dengan hadirnya 25 cabang,” jelas Robby Hartono, Direktur Operasional PT Autochem Industry.
“Perusahaan juga memiliki pabrik dengan fasilitas research & development (R&D) yang andal dan berpengalaman, alhasil dapat menyesuaikan produk agar cocok dengan lingkungan berkendara di Indonesia,” tutupnya.