BERITA & ACARA
BERITA & ACARA
21-July-2021

INGIN MEMILIKI MOBIL LISTRIK? PASTIKAN DUA SYARAT INI…

Tren mobil listrik sebagai mobil masa depan terus meningkat, tak terkecuali di Indonesia. Tapi ada dua syarat yang wajib dipenuhi oleh calon pembeli mobil listrik ini. Jika tak terpenuhi, sebaiknya jangan membelinya…

SYARAT MEMILIKI MOBIL LISTRIK

Pertama, jangan membeli mobil listrik jika Sobat belum memiliki kelebihan daya listrik sekitar 2.640 watt di rumah. Artinya, minimal daya listrik di rumah menggunakan 5.500 watt dengan kebutuhan di rumah tak lebih dari 2.800 watt, agar sobat bisa men-charging mobil listrik dengan mode 12 Ampere (2.640 watt). 

Kedua, jangan jadikan mobil listrik sebagai moda transportasi utama, meski memiliki kemampuan jelajah hingga ratusan kilometer. Jadi Sobat wajib punya mobil dengan bahan bakar fosil alias masih menggunakan minyak bumi, baik bermesin konvensional atau pun berteknologi hybrid.

Hal ini dikarenakan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) masih terkosentrasi di Jakarta dan sekitarnya.

Belum lagi dengan tingkat kestabilan arus listrik di Indonesia, seperti saat OtoPintar melakukan charging di SPKLU, yang notabene sanggup menghasilkan daya listrik hingga 22 kW, tapi pada kenyataannya hanya sekitar 19-20 kW, bahkan bisa drop hingga 9kW. Kebayangkan, berapa lama waktu pengisiannya dari seharusnya. 

Dan jika melakukan pengisian melalui jaringan listrik rumah pun, memerlukan waktu yang cukup lama. Seperti Hyundai IONIQ yang memiliki kapasitas baterai 38.3 kWh. Dalam pengisian normal dengan 12 Ampere (2.640 watt), mobil ini perlu diisi selama 15 – 16 jam dari kondisi baterai kosong hingga penuh. Karena pada prinsipnya, semakin besar kapasitas baterai maka akan semakin lama proses pengisiannya. 

So… kebayang dong… Dengan waktu pengisian yang cukup lama akan membuat perjalanan luar kota dengan mobil listrik menjadi sangat tidak efisien.

Jadi… jika ingin pelesir ke luar kota, sebaiknya tetap menggunakan mobil konvensional atau berjenis hybrid agar lebih fleksibel. Jika tidak, maka biaya akomodasi akan bengkak untuk mencari penginapan yang menyediakan daya listrik yang besar.

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2021. Maintained by kreasimaya. Hak cipta dilindungi oleh Undang-undang.