BERITA & ACARA
BERITA & ACARA
26-August-2022

AUTOCHEM MERAYAKAN HARI KEMERDEKAAN BERSAMA KOMUNITAS DIFABEL

Yogyakarta – Jika biasanya hari Kemerdekaan Indonesia diisi dengan kegiatan upacara atau perlombaan, berbeda dengan yang dilakukan oleh PT Autochem Industry. 

Pada perayaan kemerdekaan tahun ini, Autochem Industry bersama dengan Fakultas Tenkik Universitas Negeri Yogyakarta dan UCP Roda Untuk Kemanusiaan melaksanakan CSR pelatihan hand cycle elektrik kepada teman-teman komunitas difabel.

Kegiatan ini berlangsung selama dua hari pada tanggal 16 hingga 17 Agustus 2022 dan berlokasi di kantor UCP yang berlokasi di jalan Kaliurang, Yogyakarta. Kurang lebih 40 peserta datang dari berbagai daerah sekitar Jawa Tengah dan Yogyakarta. Tujuan dari pelatihan ini adalah untuk mengedukasi serta memberikan pelatihan bagi teman-teman penyandang disabilitas agar mampu mendesain, merakit, serta memproduksi hand cycle elektrik secara mandiri.

Pelatihan ini dibagi menjadi dua sesi, sesi yang pertama adalah pengenalan hand cycle elektrik, atau alat tambahan yang dapat diaplikasikan pada kursi roda untuk dapat menarik dan menggerakkan kursi roda. Dengan menggunakan sumber tenaga dari motor listrik yang ada di roda dan mampu berjalan dengan kecepatan 15-20 Km/Jam. Untuk daya baterai yang digunakan bisa bertahan hingga 2 jam dengan usia pakai hingga 5 tahun.

Sementara sesi kedua merupakan sesi praktik perakitan hand cycle elektrik dan perakitan ke kursi roda. Dan para peserta diberi kesempatan untuk mencoba menggunakan hand cycle secara bergantian. Menurut Wayan, selaku mentor dan penanggung jawab kegiatan, harga untuk baterai dan motor listrik berkisar antara Rp 2 - 5 juta, sementara untuk mekanikal hand cycle bisa menggunakan stang dari sepeda, sehingga bisa memangkas biaya produksi.

Selain pelatihan hand cycle elektrik, kegiatan ini juga diisi dengan perayaan kemerdekaan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya serta penyerahan dana CSR yang diserahkan langsung oleh Bapak Robby Hartono selaku Direktur PT Autochem Industry kepada Ibu Damai selaku pimpinan UCP Roda Untuk Kemanusiaan. Dengan program CSR kali ini, adalah sebagai bentuk kolaborasi antara Autochem Industry, UNY dan UCP Roda Untuk Kemanusiaan untuk melayani masyarakat khususnya kepada penyandang disabilitas.

Tak hanya itu, Bapak Robby Hartono selaku Direktur PT Autochem Industry memberikan bantuan uang tunai kepada UCP Roda Untuk Kemanusiaan selaku tempat bernaungnya komunitas difabel ini. Beliau pun berharap agar kerjasama ini dapat terus berlanjut bersama dengan UNY untuk memberikan inovasi -inovasi baru agar kursi roda elektrik ini dapat dikembangkan lebih lanjut dan memberi kemudahan untuk siapa pun yang menggunakannya.

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2022. Maintained by kreasimaya. Hak cipta dilindungi oleh Undang-undang.