BERITA & ACARA
BERITA & ACARA
23-July-2024

DAFTAR BUS PRODUKSI KAROSERI TERNAMA INDONESIA DI GIIAS 2024, SEMAKIN MEMANJAKAN PENUMPANG

Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2024 yang berlangsung antara 18-28 Juli di ICE BSD City, kembali menghadirkan ragam bus yang mewah dan canggih. Di beberapa booth karoseri terdapat berbagai macam bus yang diyakini dapat diminati PO bus antar kota.

Inovasi seperti varian bodi dan kelas, membuat pengunjung menjadi tertarik seperti Eksekutif, VIP, Super Eksekutif, Private, hingga Sleeper, dan terbagi lagi seperti penggunaan model sandaran kaki, hingga bahan kursi yang digunakan

Laksana

Karoseri asal Ungaran ini menghadirkan 6 unit bus, yaitu Legacy SR3 Neo DD Suites Combi sasis Volvo B11R-450, Legacy SR3 Neo XHD Prime Ultimate Edition sasis Volvo B11R-450, Legacy SR3 Neo XHD Panorama Ultimate-R Edition sasis Hino RM280, Legacy SR3 Neo FE Suites Class sasis Mercedes-Benz OF 1623, Tourista SR3 Ultimate Edition sasis Hino GB150, dan EV-Nucleus bus listrik merek Hyundai INVI. 

Dari nama serinya, SR3 Neo mendapat sentuhan facelift penambahan lip spoiler di bumper depan dan lampu DRL berbentuk garis yang dapat menyala secara sekuensial di bumper depan dan belakang bus. Terdapat varian baru bermesin depan dengan sebutan Legacy SR3 Neo FE memakai mesin di depan (front engine). 

Laksana juga menampilkan beberapa variasi unik pada interior. Seperti pada Legacy SR3 Neo FE, bus bermesin depan ini menggunakan bodi Suites Class 1-1 sebanyak 21 kursi. Sasis yang digunakan merupakan Mercedes-Benz OF 1623 RF Euro 4 dengan suspensi udara yang lebih nyaman di jalan.

Unit double decker pun tidak luput dari sentuhan. Untuk Legacy SR3 Neo DD Suites Combi, di dek atas terdapat kombinasi kelas Eksekutif 2-2 di depan dan Sleeper atau Suites Class 1-1 di belakang. Bila Suites Combi single deck di tengahnya ada toilet, di unit ini ruang tersebut digunakan sebagai smoking room.

Untuk kapasitas total dari Legacy SR3 Neo DD Suites Combi mencapai 42 penumpang di mana dek bawah terdapat 8 kursi Eksekutif dan 2 kursi Sleeper, serta di dek atas sebanyak 24 kursi Eksekutif dan 8 kursi Sleeper.

Tentrem

Tentrem menghadirkan 5 varian bodi yaitu Avante D2 sasis Volvo B11R-450, Avante H9 Grand Priority sasis Scania K450cB, Avante H8 Grand Captain sasis Mercedes-Benz OH 1626 L, Avante H7 sasis Hino RK280 ABS, dan E-Navigator merek Wintrone electric bus.

Unit paling diminati adalah Avante D2 double decker karena kabin bawah dipakai sebagai private room, sementara di atas ada sleeper seat menyerupai Grand Captain yang dilengkapi sekat pembatas antara kelas Sleeper dengan Eksekutif di belakangnya. 

Ada juga unit lainnya yang sekilas menyerupai double deck namun merupakan single deck, yakni Avante H9 Grand Priority. Ia memiliki kelas Sleeper tingkat dengan format 2-1 40 tempat duduk. Keunikan pada bus ini yaitu tidak dilengkapi toilet dan AVOD sesuai permintaan salah satu PO asal Sulawesi.

Adi Putro

Dari yang terbesar ada Jetbus5 SDD sasis Mercedes-Benz 0 500 RSD 2445, Jetbus5 SDD sasis Scania K410cB, Jetbus5 SHD SG sasis Hino RM280, Jetbus5 Dream Coach DG sasis Mercedes-Benz OH 1626 L, Jetbus5 Dream Coach SG sasis Mercedes-Benz OH 1626 L, Jetbus5 MHD SG sasis Mercedes-Benz OH 1626 L, Jetbus5 MD sasis Mercedes-Benz OF 917, Jetbus5 Big Benz, dan terkecil ialah Jetbus5 Jumbo.

Yang menjadi bintang adalah unit medium bus Jetbus5 Big Benz dan micro bus Jetbus5 Jumbo. Kedua bus kecil ini sama-sama mendapatkan sentuhan lampu trapesium dan lampu alis sipit mengikuti model big busnya. 

Ada pula Jetbus5 SDD sasis Mercedes-Benz 0 500 RSD 2445 Euro 5. Di eksterior terdapat sensor dan radar berupa kotak hitam di bumper depan bus, serta kisi udara di kap mesin belakang bus menjadi aksesoris standar. Pada interior, dek atas bagian kiri belakang terdapat private class.

Di dek bawahnya, kursi sleeper di bagian tengah menggunakan model yang serupa milik Cititrans yang ukurannya lebar dan menyerupai kursi pesawat kelas bisnis rute internasional. Tidak diketahui apakah tatanan interior ini menjadi permanen atau sekadar kebutuhan pameran saja.

Terdapat satu bus yang memakai warna berbeda yaitu medium bus Jetbus5 MD dengan kelir merah. Selain warna, interior bus ini juga unik karena tampilannya menyerupai rumah berjalan seperti kursi sofa dan TV buat karaoke serta mini pantry.

Hino dan Mitsubishi

Persis di sebelah booth Laksana, ada booth Hino yang menampilkan medium bus Hino GB150 Automatic milik Biskita Trans Depok dengan bodi Laksana Nucleus 5 low entry serta big bus mesin depan Hino AK240 yang dimiliki oleh PO Bagong bodi Legacy SR3 Neo FE. 

Di seberang booth Hino ada booth Mitsubishi yang menampilkan medium bus dengan sasis Mitsubishi FE-84G BC prototype long wheel base yang dimiliki oleh PO Bagong dengan bodi Tentrem Navigator.

Khusus booth Hino unit Hino AK240 Euro 4 memiliki keunikan pada bagian bawah dek penumpang di mana Hino membuatnya menjadi space frame. Sehingga dengan kapasitas bagasi yang besar, dapat mengangkut barang bawaan yang lebih banyak hingga mengangkut sepeda motor.

Kalista

Disini terdapat 5 unit yang dipamerkan antara lain big bus Zhongtong LCK6126EVGRA2, medium bus Zhongtong LCK6606EVA1, SAG Golden Dragon Allstar XML6606JEV, Skywell NJL6730BEV, dan mini bus DFSK Gelora E.

Gunakan Cairan Mobil PRESTONE dan MASTER

Banyak komponen kendaraan tergantung kepada kualitas fluida supaya dapat bekerja optimal di segala kondisi jalan. Mobil membutuhkan cairan pendingin yang andal supaya mesin tidak overheat dan cairan rem yang berkualitas supaya rem tidak blong di kondisi berat.

Pastikan berbagai fluida seperti cairan rem, cairan radiator, oli matic, oli gardan, dan oli transmisi selalu dalam kondisi prima. Ganti cairan kendaraan dengan produk Autochem Industry seperti PRESTONE dan MASTER secara rutin supaya kualitasnya terjaga dan irit bahan bakar.

 

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2024. Maintained by kreasimaya. Hak cipta dilindungi oleh undang-undang.