TIPS & TRIK
TIPS & TRIK
10-December-2018

KNOWLEDGE: MEMAHAMI KEMBANGAN BAN

Alur atau pola yang terdapat pada tiap ban itu bervariasi. Produsen memproduksi ban dengan model dan tipe pola ban dengan macam yang banyak. Tujuannya agar konsumen bisa memilih pola ban sesuai dengan selera. Meskipun pola ban yang bisa dipilih ada ratusan macamnya, sebenarnya ban diklasifikasikan menjadi 3 golongan utama. Yaitu ban berpola searah (direksional), simetris (symetric), dan asimentris (asymetric). Tiap klasifikasi pola punya karakteristik

Alur atau pola yang terdapat pada tiap ban itu bervariasi. Produsen memproduksi ban dengan model dan tipe pola ban dengan macam yang banyak. Tujuannya agar konsumen bisa memilih pola ban sesuai dengan selera. Meskipun pola ban yang bisa dipilih ada ratusan macamnya, sebenarnya ban diklasifikasikan menjadi 3 golongan utama. Yaitu ban berpola searah (direksional), simetris (symetric), dan asimentris (asymetric). Tiap klasifikasi pola punya karakteristik berbeda, untuk memenuhi kebutuhan pengemudi yang berlainan dengan gaya dan selera yang beragam pula.

Ban Direksional

Ban ini dicirikan dengan pola telapak searah. Menyerupai anak panah, atau memiliki kembangan berbentuk huruf ā€œVā€. Keunggulan ban direksional yaitu dapat menepis air secara sempurna untuk memberikan pengendalian yang lebih baik di atas permukaan jalan basah maupun kondisi jalan kering. Selain itu, ban ini punya performa pengereman baik, tersedia dalam ukuran besar (15ā€ lebih). Ban direksional juga memiliki simbol rotasi sebagai acuan pemasangan.



Ban Simetris

Ban tipe ini punya pola telapak dengan desain rib berkesinambungan atau blok. Kedua sisi, baik sisi bagian dalam maupun bagian luar memiliki fitur dan fungsi yang sama. Ban simetris umumnya punya alur yang berbentuk menyerupai gelombang. Cocok bagi pengemudi yang menyukai kenyamanan dan ketenangan. Ban simetris bisa dipasang secara bolak-balik. Tidak tergantung kepada rotasi. Sebab ban kanan maupun ban kiri beralur sama.



Ban Asimetris

Punya pola unik untuk membedakan kedua sisinya. Bagian luar ban didesain dengan alur lebih besar. Berfungsi untuk menepis air dan meningkatkan pengendalian ketika jalan berada dalam kondisi basah. Bagian ban beralur kecil berfungsi untuk memperluas bidang sentuh dengan jalan. Sehingga ban lebih stabil. Ban asimentris memberikan pengendalian yang baik di jalan basah maupun kering, serta kontrol yang baik pada saat membelok pada kecepatan tinggi. Ban ini cocok bagi pengemudi yang menyukai performa tinggi dan mengemudi di medan licin.

Teks: Tim AI dari Beragam Sumber

Foto: Google.com

Ā 

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales@autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2019, Hak cipta dilindungi Undang-undang