TIPS & TRIK
TIPS & TRIK
17-November-2021

PILIH AIR RADIATOR YANG COCOK UNTUK IKLIM TROPIS AGAR PERFORMA MESIN TETAP OPTIMAL

Peran air radiator untuk mendinginkan mesin begitu penting untuk iklim tropis. Tak hanya mengacu pada titik didih yang tinggi, tapi air radiator juga harus mampu mentransfer panas (heat transfer) dengan baik agar proses pelepasan panas di radiator dapat berlangsung efektif.

Tak sedikit konsumen begitu mengidolakan performa sebuah air radiator pada kemampuan titik didih yang tinggi. Dengan alasan, titik didih tinggi memiliki tingkat penguapan minim, sehingga gak perlu sering menambahkan air radiator. Hal ini tidak lah salah, namun ada hal lain yang terlupakan, yakni transfer panas.

Seperti kita ketahui bahwa air murni (H2O) memiliki transfer panas terbaik, dimana panas yang dihasilkan mesin dapat lebih cepat dilepas ke udara jika air radiator memiliki heat transfer yang baik. Tapi air murni tanpa aditif, tentu kurang tepat untuk dijadikan sebuah air radiator, lantaran dapat menimbulkan karat, titik didih hanya 100°C, sil water pump lebih cepat getas akibat panas dan lainnya.

Tapi terlalu banyak aditif – terutama glycol – juga tidak baik. Sebab utamanya adalah karakter glycol yang menyimpan panas sehingga menurunkan kemampuan transfer panas dari air radiator.

Tak heran jika besutan mobil balap, mengharamkan penggunaan glycol pada air radiatornya lantaran sifat menyimpan panasnya tersebut. Hal ini jelas merugikan performa mesin akibat suhu ruang bakar yang lebih tinggi, sehingga perlu kadar oktan lebih tinggi, perlu menurunkan timing ignition agar tidak knocking. Kondisi ini tentu merugikan mekanik dalam menghasilkan performa mesin optimal.

MASTER Radiator Coolant menjadi jawaban terhadap kebutuhan air radiator yang cocok untuk iklim tropis. Dimana kandungan aditif yang digunakan telah disesuaikan agar tetap memiliki kemampuan transfer heat optimal serta titik didih yang lebih tinggi dari air murni.

So… Jangan salah pilih air radiator lagi ya… Pilihlah MASTER Radiator Coolant yang terbukti menjadi pilihan konsumen Indonesia dengan mendapat penghargaan SuperBrands 2020 dan 2021.

 

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2021. Maintained by kreasimaya. Hak cipta dilindungi oleh Undang-undang.