TIPS & TRIK
TIPS & TRIK
16-August-2019

OLI MESIN DAN FUNGSINYA PADA MOBIL

Jika kita ingin servis kendaraan, tentu saja kita membutuhkan yang namanya oli mesin. Dan juga fungsinya untuk memuluskan mesin kendaraan kita. Banyak dari kebiasaan masyarakat kita masih malas untuk melakukan perawatan berkala terhadap mesin kendaraan kita sendiri.

Akibatnya yang dimunculkan adalah mesin menjadi macet dan menjadi gagal fungsi sebagaimana mestinya. Bahkan sampai saat ini masih sangat banyak orang yang salah melakukan pergantian oli mesin. Bukannya mengganti oli yang lama, melainkan malah menambah oli yang lama dengan oli yang baru, dan ini sebenarnya sangat tidak dianjurkan. Cara yang benar adalah dengan membuangnya, lalu diisi dengan oli mesin yang baru. 

Bagaimana jika oli mesin kelebihan atau kekurangan?

Jika saja kita rajin merawat dan mengganti oli nya secara berkala, maka hal tersebut akan berefek dengan memperpanjang umur kendaraan kita. Yang artinya oli mesin juga bisa membuat mesin kita berjalan seperti baru lagi. Tentunya juga ada takaran untuk oli mesin ini sendiri, terkadang ada yang mengisinya kelebihan dari standar yang ditentukan. Dan ini sangat tidak dianjurkan, karena bisa berdampak terhadap mesin kendaraan yang menjadi berat , alhasil performa mesin juga menurun, tarikan pada putaran atas juga bakal terasa berat . Pada sisi lain jika takaran pengisian oli mesin dilakukan dibawah standarnya, alias kekurangan, maka akan terjadi kepanasan mesin. Karena salah satu fungsi oli mesin adalah sebagai penyebar panas, yang mana panas ini akan diserap oleh cairan pendingin radiator. Sebenarnya jika oli mesin kekurangan, lebih banyak fatalnya dibanding kelebihan. Berikut contoh-contoh fatal akibat kekurangan oli mesin:

Komponen mesin menurun

Salah satu bentuk proses mesin berjalan adalah gesekan komponen mesin. Contohnya saja  pada silinder dan ring piston. Silinder dan ring piston adalah komponen yang berada pada bagian tengah mesin, jika kondisi oli mesin normal maka dua komponen ini bisa terlumasi dan gesekannya pun menjadi lancar. Namun jika tidak, maka bisa saja terlewat sehingga bisa menyebabkan kehausan dari komponen ring piston dan linner. Yang mana itu bisa menyebabkan kerusakan mesin berlanjut.

Bunyi mesin yang tidak mulus

Tidak sedikit orang mengalami bunyi mesin kendaraannya yang sangat kasar, dan tentu saja hal ini disebabkan oleh tidak digantinya oli mesin kendaraan atau setiap kali pergantian, selalu diisi dibawah standarisasi kebutuhan oli mesin untuk jenis kendaraan tersebut. Contoh sederhananya saja jika kendaraan bermotor tidak diganti olinya lebih dari 3 bulan, maka akan menyebabkan bunyi mesin nya tidak jernih. Hal ini disebabkan rantai timming yang berbahan logam juga perlu pelumasan oli mesin agar bunyinya lebih tenang. 

Mesin kendaraan menjadi overheat

Tentunya mendinginkan komponen mesin adalah salah satu fungsi oli mesin itu sendiri. Dan jika volume oli nya kurang, tentu akan otomatis sistem pendinginan mesinnya akan pasti terganggu. Hal ini kerap disebabkan karena peningkatan suhu mesin lebih dari biasanya, karena ini bukan hanya berasal dari pembakaran mesin, namun juga gesekan antara komponen nya menghasilkan panas yang sangat tinggi. Sehingga terjadilah mesin yang overheat, dan sangat disarankan untuk jangan sampai kekurangan volume oli mesin saat melakukan proses penggantian berkala.

Terkuncinya engkol mesin kendaraan

Selain 3 efek buruk diatas, terkuncinya engkol mesin juga sangat fatal untuk mesin itu sendiri. Jika proses pergantian oli mesin berkala dilakukan tidak sampai pada takaran standarnya, maka mesin bisa macet dan akhirnya terkunci (lock). Ketika oli mesin berkurang, maka  akan terjadi gesekan kasar yang menyebabkan overheat antar komponen mesin yang kurang mendapatkan takaran standarnya. Dan komponen ini memiliki bahan logam yang mana sudah jelas dilihat hasilnya akan terjadi pemuaian pada komponen mesin yang berhubungan. Jika itu sudah terjadi maka mesin menjadi macet alias engine lock. Kondisi yang sangat fatal ini akan menyebabkan kendaraan itu tidak bisa di engkol atau di start, dan ini menjadi kategori kerusakan mesin berat. 

Dan beberapa kerusakan di atas , itu semua tidak akan terjadi apabila kita rajin melakukan pergantian oli mesin itu sendiri secara berkala. Karna fungsi utama oli mesin itu sendiri adalah agar memuluskan pergerakan mesin kendaraan kita dan tentu memperpanjang umurnya. Adapun fungsi fungsi utama oli mesin sebagai berikut:

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas

Yang mana telah kita ketahui, salah satu fungsi utama oli mesin adalah sebagai pemulus mesin kendaraan agar dapat bergerak secara licin dan lancar tanpa adanya gesekan yang nantinya akan menyebabkan kerusakan mesin berlanjut. Dan juga dari memuluskan mesin kendaraan akan membuat bunyi mesin kendaraan semakin mulus untuk didengar.

Oli mesin sebagai pelindung dari karat & pembersih mesin

Oli mesin mempunyai peranan yang sangat baik dalam melindungi mesin kendaraan anda dari karat. Hal ini dikarenakan zat yang terdapat dari oli mesin itu sendiri berfungsi baik dalam hal mencegah berkaratnya mesin kendaraan anda. Lalu disisi lain, oli mesin juga dapat mendapat peranan untuk sebagai pembersih mesin kendaraan anda. Yang mana juga mampu untuk melarutkan segala bentuk kotoran yang ada di mesin, adapun bentuk kotoran ini berupa debu yang masuk dari saluran seal. Dan juga ada efek bahayanya jika kotoran berupa debu ini dianggap sepele. Yaitu akan menyebabkan gesekan logam halus yang mana akan menjadi rentetan kerusakan kerusakan lainnya. Seperti lecet komponen, mesin overheat, dan akhirnya lock engine. Jadi mesin kotor tidak boleh dianggap sepele dan oli mesin adalah solusi utama nya.

Oli mesin bisa mendinginkan mesin yang panas

Terjadinya banyak gesekan saat mesin berjalan, tentu saja hal ini akan menyebabkan mesin panas bahkan bisa overheat. Dan disinilah salah satu peran oli mesin bekerja. Dengan cara konduksi, panas akan dikeluarkan oleh oli melalui dinding mesin anda, sehingga mesin tetap dingin.

Oli mesin mampu meningkatkan performa mesin bekerja

Fungsi yang ini adalah fakta dan dengan fungsi ini anda juga dapat menghemat pengeluaran anda dikarenakan performa mesin meningkat. Jika dilakukan pemakaian oli mesin yang tepat maka akan meningkatkan performa mesin kendaraan sehingga tenaga dan torsi yang dihasilkan oleh komponen mesin kendaraan bisa maksimal sesuai dengan standarnya. Bahkan ada juga beberapa penelitian yang menyatakan bahwa oli mesin juga mampu menghemat konsumsi bensin atau bahan bakar untuk mesin. Yang mana fungsi sangat relevan dengan kebutuhan kebanyakan orang berkendara, yaitu hematnya konsumsi bahan bakar.

Dari semua paparan diatas dapat kita simpulkan bahwa oli mesin sangat memiliki peranan penting terhadap kendaraan kita secara keseluruhan, terutama untuk komponen mesin nya. Dengan kita mengetahui kegunaan oli mesin, maka pastinya kita akan lebih perhatian terhadap perawatan mesin kendaraan. 

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2019, Hak cipta dilindungi Undang-undang.