TIPS & TRIK
TIPS & TRIK
28-June-2020

4 FUNGSI OLI SAMPING UNTUK MOTOR ANDA

Di Indonesia ada dua jenis mesin pada kendaraan bermotor, yakni motor 2-tak dan motor 4-tak. Untuk kali ini, kami akan membahas mengenai motor dengan mesin 2-tak yang mungkin belum Anda ketahui. Motor dengan mesin 2-tak atau 2 stroke merupakan sebuah teknologi mesin terbaik yang pernah diciptakan. Mesin 2-tak mampu mengkombinasikan kubikasi yang kecil dan tidak terlalu besar. Namun mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga dan torsi yang sangat besar. Hal ini menyebabkan kebanyakan mesin 2-tak disematkan pada banyak kendaraan bermotor yang memiliki performa yang tinggi. Disebut dengan mesin 2 langkah karena proses hisap dan buang yang terjadi di dalam mesin 2-tak hanya terjadi sebanyak 2 langkah saja. Ketika piston mengalami satu kali putaran yaitu berada di bawah, dan kemudian naik ke atas maka satu sirklus hisap dan buang sudah selesai.

Pengertian Oli Samping

Oli merupakan sebuah cairan pelumas yang berfungsi untuk melumasi bagian dalam mesin sehingga setiap komponen dalam mesin tidak mudah panas dan aus ketika bergesekan satu sama lain. Namun, untuk sepeda motor pabrikan lama atau sepeda motor dengan tipe 2-tak memilki oli khusus yakni oli samping. Salah satu komponen motor 2-tak yang harus menjadi perhatian yaitu oli samping. Tanpa oli samping, mesin motor tidak dapat bekerja sempurna.

Beberapa waktu ini kebanyakan orang lebih memilih membeli motor matic dibandingkan dengan motor manual, padahal bisa dikatakan cara merawat motor manual cukup mudah. Meski stoknya mengalami trend yang menurun dari tahun ke tahun, bukan berarti karena kualitas oli samping yang menurun. Regulasi itupun tidak membuat motor 2-tak redup. Bebrapa rider ataupun kolektor motor-motor 2-tak masih terbilang banyak memburu motor bertipe 2-tak ini. Jadi stok oli samping di bengkel-bengkel pun masih ada demi menyediakan para pecinta motor 2-tak di Indonesia.

Cara Kerja Oli Samping

Oli samping pada mesin motor 2-tak ini tak kalah pentingnya karena cara kerjanya berbeda dengan oli mesin. Oli mesin yang digunakan pada mesin 2-tak ini hanya melumasi bagian transmisi saja dan tidak ikut melumasi bagian silinder. Maka dari itu, biasanya oli mesin pada mesin 2-tak jarang sekali diganti, karena memiliki beban kerja yang sangat ringan dan tidak harus menghadapi gaya gesek yang berat. Oli samping akan masuk Bersama dengan bahan bakar ke dalam ruang engkol dan silinder. Setelah oli samping melumasi beberapa bagian mesin yang dilewatinya, maka akan bercampur di dalam ruang bakar untuk ikut dibakar dan kemudian dibuang melalui lubang-lubang.

Oli samping digadang-gadang sebagai nyawa bagi motor dengan mesin 2-tak. Hal ini disebabkan apabila oli samping dalam ruang pembakan habis maka akan menimbulkan dampak buruk seperti pembakaran kurang maksimal dan piston tidak terlumuri pelumas sehingga membuatnya menjadi macet dan motor pun akan berhenti melaju. Selain itu, motor juga dapat menjadi lebih susah diengkol. Oleh sebab itu oli samping memiliki peranan vital pada mesin 2-tak. Maka dari itu, perlu diketahui bagi Anda bahwa motor juga memerlukan oli samping yang berkualitas tinggi untuk menyempurnakan pengoperasian motor kesayangan Anda. Apa saja fungsi-fungsi dari oli samping itu sendiri? Simak penjelasannya.

Fungsi Oli Samping Sebagai Pelumas

Seperti yang sudah dijelaskan secara singkat sebelumnya, salah satu fungsi vital oli samping yaitu sebagai pelumas. Berbeda dengan oli mesin, oli samping berfungsi untuk melumasi bagian-bagian tertentu seperti silinder, piston, bearing pin piston, crankshaft dan bearing crank pin pada mesin sebelum masuk ke ruang bakar. Head dan silinder terlebih dahulu dilumasi oleh oli samping supaya mesin motor tetap awet dan terasa halus pada putaran bawahnya. Sudah bukan rahasia umum, apabila mesin terutama bagian silinder adalah bagian yang memiliki gesekan yang sangat cepat, kuat dan dilakukan dalam waktu yang lama. Sehingga untuk mengoptimalkan gesekan yang terjadi pada bagian silinder, maka memerlukan pelumasan yang optimal yaitu menggunakan oli samping yang berkualitas.

Fungsi Oli Samping Sebagai Penambah Performa

Tak heran apabila performa motor 2-tak lebih baik dibandingkan dengan motor 4-tak. Hal ini dikarenakan pemakaian oli samping pada mesin motor sehingga gerak komponen-komponen dalam mesin lebih halus dan meningkatkan performa motor. Fungsi oli samping motor 2-tak ini merupakan fungsi yang bisa dibilang adalah kelebihan motor 2-tak. Jumlah banyaknya takaran oli samping dan pemakaian merk tertentu mempengaruhi akan hasil performa motor itu sendiri. Oli samping merupakan jenis oli yang bisa dilakukan penyetingan atau penyetelan. Artinya tingkat keborosan serta jenis oli samping yang digunakan bisa disesuaikan dengan aspek dan juga kebutuhan motor. Semakin baik kualitas oli samping dan semakin pas penyetelan jumlahnya yang ikut masuk ke dalam silinder dan terbakar, maka performa dari mesin 2-tak akan menjadi semakin optimal dan juga sempurna.

Kesalahan dalam penyetelan dan kualitas oli samping yang buruk akan menyebabkan mesin menjadi mengebul, jelaga atau carbon menumpuk pada bagian head dan kepala piston. Baik dalam penggunaan bahan bakar minyak, maupun penggunaan oli sampingnya.

Fungsi Oli Samping Sebagai Perawatan Mesin

Karena sifat oli yang melindungi dan melumasi bagian mesin, maka oli samping juga berfungsi sebagai pelindung komponen mesin dari aus dan karat. Fungsi lain adalah untuk melumasi beberapa spare part yang ada di dalam motor. Salah satu contoh adalah silinder dan juga head yang dijaga oleh oli samping dari gesekan yang berlebihan, sehingga bagian-bagian dalam mesin sepeda motor menjadi lebih awet dan dapat bekerja dengan lancar. Namun dengan hal ini perawatan motor secara berkala dibarengi oleh perawatan service secara berkala juga masih dibutuhkan untuk tetap menjaga performa mesin motor tetap baik.

Kehabisan oli samping akan berakibat fatal. Hampir dipastikan ketika mesin 2-tak bekerja tanpa menggunakan oli samping, akan menghancurkan bagian silinder, seperti baretnya bagian dinding silinder, ring piston yang aus serta kruk as yang semakin aus. Untuk mencegah terjadinya hal ini, maka oli samping penting dan harus dicek kadarnya serta penyetelannya agar tidak menyebabkan bagian-bagian mesin menjadi aus dan rusak.

Fungsi Oli Samping Sebagai Pengharum

Pernahkah Anda mencium asap motor 2-tak yang baunya tidak menyengat malah justru cenderung wangi? Hal ini merupakan salah satu keunggulan dari menggunakan oli samping yang dapat juga menjadi pengharum asap knalpot 2-tak agar asap yang dikeluarkan tidak terlalu mengeluarkan bau pembakaran. Beberapa produsen oli samping menambahkan sedikit parfum ke dalam produknya agar asap dan hasil pembuangan mesin 2-tak menjadi lebih wangi dengan jumlah asap yang sedikit sehingga tidak mengganggu orang lain.

Itulah beberapa fungsi dari oli samping pada mesin 2-tak yang perlu Anda ketahui. Namun perlu diketahui juga bahwa oli yang digunakan juga harus memiliki kualitas yang tinggi yang bisa Anda lihat mulai dari merk hingga harga oli samping, agar performa motor Anda juga maksimal.

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2020, Hak cipta dilindungi Undang-undang.