TIPS & TRIK
TIPS & TRIK
04-January-2023

SEBAB AIR RADIATOR TERKURAS HABIS DAN BIKIN MESIN OVERHEAT

Air di dalam sistem pendingin mesin alias radiator harus selalu cukup. jika kurang, maka pendinginan mesin tidak akan optimal

Air di dalam sistem pendingin mesin alias radiator harus selalu cukup.
jika kurang, maka pendinginan mesin tidak akan optimal, bahkan mesin overheat kalau sampai air radiator terkuras habis.
Apa yang menyebabkan air radiator mesin mobil habis? 

Penguapan Berlebihan
Ketika sirkulasi air pendingin terganggu, penyerapan panas juga akan terganggu. 
Air radiator jadi lebih panas dari normalnya dan menyebabkan penguapan belebihan. 
Kemungkinan penyebab gangguan pada sistem pendingin di antaranya adalah: 

1. Radiator Tersumbat 
Jika salurannya mampet atau tersumbat, maka temperatur air yang menuju ke mesin juga tetap tinggi.  
Kemungkinan lain yaitu sirip-sirip radiator yang kotor sehingga aliran udara yang melewati radiator untuk mengambil panas radiator akan terganggu. 
Bisa jadi karena Anda lupa menguras air radiator atau tidak pernah menggunakan coolant, penyebab sirip-sirip kotor adalah adanya debu. 

2. Katup Thermostat Macet
Thermostat yang macet akan selalu menutup sehingga mengganggu aliran air dari mesin ke radiator.
Air yang belum mengalami proses pendinginan di radiator sudah kembali menuju ke mesin, selain itu air yang belum mencapai suhu optimal juga sama.
Alhasil, mesin tidak akan mendapatkan proses pendinginan yang optimal dan berisiko membuatnya lebih mudah overheat.

3. Kipas Radiator Rusak
Radiator membutuhkan aliran udara untuk mendinginkan air dengan cepat. 
Oleh sebab itu dipasang kipas radiator, baik tipe kipas yang diputar oleh mesin maupun yang diputar oleh motor listrik. 
Begitu kipas bermasalah, maka proses pendinginan air radiator bakal terganggu.

4. Kerusakan Pada Pompa Air 
Seperti yang dijelaskan sebelumnya, penguapan yang berlebihan akan menyebabkan air radiator cepat habis. 
Salah satu penyebabnya bisa dari pompa air (water pump) yang rusak.
Pompa air umumnya memiliki impeller yang kemudian aus, sedangkan impeller yang menggunakan besi umumnya berkarat dan tumpul. 
Tetapi jika terbuat dari plastik, terkadang ditemui kondisinya patah. 

Kebocoran pada Radiator 
Salah satu penyebab berkurangnya air pendingin adalah adanya kebocoran pada radiator itu sendiri. 
Kebocoran bisa terjadi di beberapa komponen. 

1. Kebocoran pada Tangki Radiator 
Kebocoran bisa terjadi di tangki atas, tangki bawah atau pada inti radiator. 
Umumnya terjadi karena pemeliharaan yang kurang sehingga berkarat dan radiator terkikis. 
Jika radiator menggunakan bahan plastik, terkadang ditemukan kebocoran pada sambungan ke inti radiator.
Selain kemungkinan di atas, radiator bisa juga bocor karena tabrakan atau benturan. 

2. Selang Radiator Bocor/Pecah 
Selang radiator yang pecah atau sobek akan menyebabkan kebocoran air. 
Umumnya selang rusak karena usia yang menyebabkan selang menjadi lapuk atau retak-retak. 
Selain itu, selang bisa mengembang karena kontaminasi air radiator dengan oli, misalnya karena ada kebocoran gasket kepala silinder atau dari oil cooler.

3. Gasket atau Seal Rusak 
Kebocoran air radiator juga bisa terjadi pada gasket atau seal. 
Baik itu gasket kepala silinder, atau juga seal-seal water pump atau rumah thermostat.
Kebocoran pada gasket kepala silinder agak lebih sulit diketahui kecuali ada ciri-ciri air bercampur dengan oli. 

4. Heater Bocor 
Beberapa kendaraan, terutama jenis CBU memiliki heater atau pemanas kabin. 
Sistem ini memanfaatkan air panas dari mesin yang diembuskan ke dalam ruang kabin. 
Jika heater core atau selang-selang bocor, maka akan menyebabkan air radiator cepat habis.

Gunakan MASTER Radiator Coolant Untuk Mencegahnya
MASTER Radiator Coolant dirancang untuk iklim tropis agar mampu memberikan performa maksimal pada mesin kendaraan. 
Campuran Ethylene Glycol yang tepat pada MASTER Radiator Coolant membuat transfer panas mesin tetap optimal dan titik didih meningkat menjadi 104°C pada tekanan 1 atm.  
Komposisi yang tepat inilah yang membuat MASTER Radiator Coolant cocok untuk digunakan oleh kendaraan di iklim tropis.
Aditif anti karat yang digunakan oleh MASTER Radiator Coolant akan menjaga sistem pendinginan mesin dari korosi. 
Begitu pun dengan elastisitas material karet yang akan mencegah terjadinya kebocoran pada sistem.
Air yang digunakan sebagai pelarut dari seluruh aditif telah dimurnikan sehingga tidak ada lagi kandungan logam atau zat mineral di dalamnya yang dapat merusak radiator kendaraan.
Tersedia dalam dua warna pilihan - RED dan GREEN – membuat konsumen dapat menyesuaikan dengan kebutuhan di kendaraannya. 
Begitu pun dengan kemasan yang tersedia dalam pouch dan botol 1 liter, hingga gallon.
 

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2025. Maintained by kreasimaya. Hak cipta dilindungi oleh undang-undang.