TIPS & TRIK
TIPS & TRIK
29-November-2018

JENIS-JENIS BAHAN BUSI

Beda Material, Beda Kekuatan Dari berbagai bahan yang digunakan, tiap busi tentu punya kelebihan masing-masing. Salah satunya adalah kekerasan dari bahan yang dipakai. Tujuannya adalah agar busi tersebut mempunyai titik didih yang tinggi pada daya hantar listrik maupun daya tahan dalam pemakaian pada kendaraan. Berikut ini, jenis-jenis bahan busi yang digunakan berikut kelebihannya. Tembaga Busi tembaga meskipun sudah jarang digunakan bukan berarti



Beda Material, Beda Kekuatan

Dari berbagai bahan yang digunakan, tiap busi tentu punya kelebihan masing-masing. Salah satunya adalah kekerasan dari bahan yang dipakai. Tujuannya adalah agar busi tersebut mempunyai titik didih yang tinggi pada daya hantar listrik maupun daya tahan dalam pemakaian pada kendaraan. Berikut ini, jenis-jenis bahan busi yang digunakan berikut kelebihannya.

Tembaga

Busi tembaga meskipun sudah jarang digunakan bukan berarti tidak bagus, hanya saja bahan ini mempunyai daya didih yang sangat cepat dan hanya mampu menahan panas pada 1.082? Celcius. Meski begitu, busi ini mempunyai kelebihan cepat melepas panas. Jadi saat kendaraan berhenti, busi ini cepat dingin dan cepat juga panas kembali saat kendaraan dihidupkan. Sudah jelas pula, dari segi harga busi ini lebih murah.

Nikel Alloy

Busi dengan bahan nikel alloy boleh dibilang lebih awet dari busi berbahan tembaga. Busi ini memiliki titik didih hingga ± 1.455? Celcius. Dari segi hargapun, terbilang cukup terjangkau. Selain itu, busi ini juga mempunyai daya tahan yang cukup bagus, di mana dapat digunakan antara 20.000 Km hingga 40.000 Km.

Iridium

Hingga saat ini, busi iridium mempunyai performa yang terbaik dengan titik didih hingga 2.242? Celcius. Maka itu, busi ini banyak digunakan untuk kebutuhan balap. Pasalnya, selain mempunyai titik didih yang tinggi, busi dengan bahan iridium ini juga mempunyai kemampuan menghantar listrik paling bagus sejauh ini. Masa pakainya juga mampu mencapai 60.000 Km.

Platinum

Busi dengan bahan platinum bukannya tidak lebih bagus dari iridium. Meskipun titik didihnya di bawah busi iridium, namun busi ini mempunyai daya tahan yang lebih baik dari iridium. Selain itu, busi ini juga mempunyai daya hantar listrik yang sangat baik, sehingga akan membantu menyempurnakan pembakaran dan meningkatkan efisiensi bahan bakar. Bukan hanya itu, busi ini juga diklaim mempunyai daya tahan hingga 100.000 Km. AI

 

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2022. Maintained by kreasimaya. Hak cipta dilindungi oleh Undang-undang.