TIPS & TRIK
TIPS & TRIK
05-December-2018

PERLUKAH MENGISI ANGIN BAN DENGAN NITROGEN?

Tawaran penggunaan gas Nitrogen di gerai pengisian ban kini mulai marak. Tapi, perlukah mengisi angin ban dengan Nitrogen? Benarkah bikin bantingan kendaraan terasa lebih empuk?

Sebelum menjawab kedua pertanyaan tersebut, sebaiknya kita memulai dari apa itu gas Nitrogen?

     Nitrogen pertama kali ditemukan pada tahun 1772 oleh doktor kebangsaan Skotlandia, Daniel Rutherford. Faktanya, gas Nitrogen merupakan unsur terbanyak di dalam atmosfer bumi yang mencapai 78,08%. Sedangkan Oksigen hanya terisi 20,94%. Begitu pun dengan berat molekulnya, dimana gas Nitrogen lebih ringan dari Oksigen.

     Sekarang baru kita mulai membandingkan antara Nitrogen dengan udara yang merupakan isi dari kompresor angin pada umumnya. Dengan tingkat kelembaban yang cukup tinggi di Indonesia, otomatis kandungan uap air di dalam udara sangatlah besar. Hal inilah yang menjadi penyebab perbedaan saat pemilik kendaraan menggunakan gas Nitrogen atau dengan udara pada bannya.

     Tanpa kehadiran air di ban, membuat penambahan tekanan angin kian minim saat kendaraan melaju. Wajar jika Sobat kerap merasakan penggunaan gas Nitrogen di ban membuat suspensi terasa lebih empuk ketimbang menggunakan udara dari kompresor.

     “Dalam kondisi ekstrim, ban yang menggunakan udara biasanya bisa bertambah hingga 10 psi. Tapi dengan gas Nitrogen yang hampir 100%, penambahannya bisa berselisih 2 psi lebih rendah,” terang Taqwa SS, punggawa Garden Speed di bilangan Cilandak, Jakarta Selatan.  

      Penambahan tekanan udara yang lebih sedikit inilah, membuat ban mampu meredam guncangan dari permukaan jalan, sehingga terasa seperti bantingan suspensi yang lebih empuk.

Ukuran molekul Nitrogen yang lebih besar pun membuat tekanan angin ban lebih susah berkurang. Dengan kata lain, tekanan angin ban bisa bertahan lebih lama ketimbang ban menggunakan angin biasa.

     Tapi dengan membayar Rp 10 ribu untuk menggunakan gas Nitrogen dengan kadar 99%, artinya pemilik kendaraan harus membayar Rp 8 ribu untuk mendapatkan tambahan sekitar 20,92% gas Nitrogen, mengingat dalam udara telah mengandung 78,08% gas Nitrogen.

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2019, Hak cipta dilindungi Undang-undang