TIPS & TRIK
TIPS & TRIK
13-November-2022

THERMOSTAT DI MESIN MOBIL

Gunakan Radiator Coolant yang Tepat, Ini Fungsi dan Cara Kerja Thermostat di Pendingin Mesin Mobil

Sistem pendingin mesin mobil sangat penting untuk menjaga suhu kerja mesin selalu berada di rentang ideal.
Ada beberapa komponen yang bekerja dalam sistem pendingin mesin mobil. 
Yang paling dikenal orang adalah radiator, selanjutnya adalah water pump, reservoir, dan thermostat. 
Khusus thermostat, banyak yang belum paham fungsinya padahal memiliki peran yang cukup penting.

Fungsi dan Cara Kerja Thermostat
Thermostat berguna untuk mengatur sirkulasi cairan pendingin mesin dari radiator sehingga tetap berada pada suhu ideal dan tidak overheat maupun over cooling. 
Fungsinya sebagai katup buka tutup aliran air dari radiator yang masuk ke ruang mesin untuk mendinginkan mesin. 
Thermostat ini akan membuka apabila mencapai suhu panas yang sudah ditentukan sehingga mesin dapat menjaga suhu secara konstan.
Suhu ideal mesin berada di antara 80-90 derajat celcius, namun ada kalanya derajat temperatur mesin bisa berbeda tergantung dari desainnya. 
Pada suhu tersebut, mesin akan menghasilkan proses pembakaran yang paling optimal. 
Kerja thermostat yaitu membuka dan menutup saluran air pendingin ke radiator untuk mempertahankan suhu ideal mesin tetap terjaga pada semua kondisi kerja mesin.

Dilarang Melepas Thermostat
Tidak sedikit pemilik mobil yang melepas thermostat dengan anggapan mesin akan dingin terus. 
Aplikasi ini keliru lantaran mesin sudah didesain dengan panas tertentu agar tercapai efisiensi.
Mesin yang terlalu dingin justru akan membuatnya boros bensin dan tenaganya turun.
Dalam jangka panjang malah akan merusak mesin karena tidak bisa bekerja pada suhu idealnya sehingga Anda yang rugi sendiri.
Selain itu, tidak ada perawatan khusus untuk thermostat. 
Hanya saja Anda harus memastikan bahwa cairan pendingin pada tangki cadangan air pendingin tetap cukup
Wajib perhatikan juga air radiator yang dipakai karena harus sesuai dengan spesifikasi pabrikan.
Masalahnya, kalau menggunakan air biasa bisa menyebabkan kerak yang dapat mengganggu kinerja thermostat.

Gunakan MASTER Radiator Coolant
MASTER Radiator Coolant dirancang untuk iklim tropis agar mampu memberikan performa maksimal pada mesin kendaraan. 
Campuran Ethylene Glycol yang tepat pada MASTER Radiator Coolant membuat transfer panas mesin tetap optimal dan titik didih pun meningkat menjadi 104°C pada tekanan 1 atm.  
Komposisi yang tepat inilah yang membuat MASTER Radiator Coolant cocok untuk digunakan oleh kendaraan di iklim tropis.
Aditif anti karat yang digunakan oleh MASTER Radiator Coolant akan menjaga sistem pendingin mesin dari korosi. 
Begitupun dengan elastisitas material karet yang akan mencegah terjadinya kebocoran pada sistem.
Air yang digunakan sebagai pelarut dari seluruh aditif telah dimurnikan sehingga tidak ada lagi kandungan logam atau zat mineral di dalamnya yang dapat merusak radiator kendaraan.
 

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2025. Maintained by kreasimaya. Hak cipta dilindungi oleh undang-undang.