TIPS & TRIK
TIPS & TRIK
04-November-2019

KAPAN WAKTU YANG TEPAT UNTUK GANTI OLI MESIN KENDARAAN SOBAT ? KLIK GANTI OLI

JAKARTA - Salah satu perawatan rutin kendaraan adalah mengganti oli mesin. Tahukah Sobat kapan waktu yang tepat untuk mengganti oli mesin? 


Teknologi mesin terus berkembang, begitu pun dengan teknologi pelumasnya. Hal ini bisa terlihat dari klasifikasi API Service yang terus diperbarui agar sesuai dengan perkembangan teknologi mesin. 

Tapi kapan waktu yang tepat untuk melakukan perawatan penggantian oli mesin ini ?

SESUAIKAN DENGAN TINGKAT KEMACETAN LALU LINTAS
Sesuai fungsinya, oli memiliki tugas utama untuk melumasi komponen bergerak di dalam mesin. Selama mesin bekerja, otomatis oli mesin akan turut bekerja. Wajar jika kendaraan melaju di lalu lintas dengan tingkat kemacetan tinggi, otomatis beban kerja pelumas kian berat. Suhu sekitar yang tinggi serta penambahan jarak tempuh tidak terlalu siginifikan, membuat pelumas mesin perlu diganti lebih cepat.

Penggantian oli mesin setiap 10.000 km hanya cocok diterapkan jika kecepatan rata-rata mobil sekitar 40 km/jam. Sebagai gambaran, kecepatan rata-rata lalu lintas di Jakarta saat jam sibuk cuma berkisar 10 – 20 km/jam. Artinya, jarak tempuh sejauh 20 km ditempuh dalam waktu 1 jam. Hal ini dapat Sobat cek via Google Map.

Kebayang dong Sob, jika oli mesin dipaksakan bekerja hingga 10.000 km dalam kondisi lalu lintas padat, peran pelumas akan menurun drastis. Hal ini disebabkan oleh suhu panas dan kontaminasi bahan bakar saat mesin idle. 

SIMULASI GANTI OLI MESIN MOBIL
Biar gak bingung, Sobat dapat memanfaatkan simulasi penggantian oli mesin yang ada di website autocem.id. Caranya sangat mudah.

Langkah pertama, Sobat tinggal meng'klik' menu GANTI OLI, lalu pilih jenis oli mesin yang digunakan. Jika menggunakan Prestone Fully Synthetic SAE 5W-30, Sobat tinggal 'klik' Sintetis 100%. Jika menggunakan Prestone Synthetic SAE 10W-40 atau Prestone Synthetic SAE 15W-40 untuk mesin diesel, silahkan 'klik' Sintetis.

Kemudian masukan jarak tempuh sehari-hari dalam satuan kilometer (km) dan waktu tempuh dalam satuan jam serta menit. Nanti Sobat akan mengetahui kecepatan rata-rata dan rekomendasi waktu penggantian oli mesin. 

Mudah kan Sob?

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2019, Hak cipta dilindungi Undang-undang.