TIPS & TRIK
TIPS & TRIK
12-December-2019

7 DAFTAR HARGA OLI GARDAN MOTOR DAN MOBIL

Oli gardan merupakan salah satu komponen perawatan yang sangat penting bagi motor dan mobil. Oli gardan ini berguna untuk membuat pergesekan antar komponen dalam transmisi otomatis semakin halus sehingga bisa menghindari kerusakan fatal pada gigi matic motor atau mobil.

Fungsi Oli Gardan

Bagi anda pemilik kendaraan motor maupun mobil pastinya penting untuk mengecek oli gardan. Fungsi oli gardan adalah untuk melumasi bagian transmisi otomatis pada motor dan mobil agar kinerja pergesekan antar komponen dalam transmisi semakin halus. Ciri utama dari oli gardan mesti diganti adalah munculnya suara bising dari dalam kotak CVT motor matic. Begitu juga mobil, saat melakukan pergantian gigi otomatis akan terasa kasar dan juga menimbulkan suara yang berisik. Efek dari tidak mengganti oli gardan adalah rusaknya gear ratio motor akibat kekentalan oli gardan berkurang. Begitu juga pada kendaraan roda 4 atau mobil, komponen di dalam transmisi otomatis akan mengalami kerusakan fatal akibat pergesekan yang sangat kasar akibat kekentalan oli gardan yang juga berkurang. Maka dari itu penting untuk anda terus menjaga kekentalan oli gardan ini.

Kapan Waktu yang Tepat Pergantian Oli Gardan Kendaraan?

Kebanyakan orang tidak sadar kapan ia harus mengganti oli gardan kendaraannya. Wajar saja, sebab dengan padatnya rutinitas, membuat kita lupa akan hal-hal sepele seperti pergantian oli gardan untuk mesin kendaraan. Nah, pada umumnya kendaraan kita membutuhkan pergantian oli gardan itu setiap 4 atau 8 bulan sekali. Tergantung oleh jenis kendaraan itu sendiri, ada beberapa kendaraan yang mengganti oli mesin gardan 3 bulan sekali, ada juga yang membutuhkan 8 bulan sekali. Sebenarnya patokan kita bukan hanya pada waktu saja, namun juga pergantian oli gardan ini juga bisa dilihat dari jarak tempuh kendaraan. Kebanyakan kendaraan membutuhkan setidaknya minimal 8000 jarak tempuh kilometer untuk pergantian oli gardan, baik mobil ataupun motor. Jika pada waktu dan jarak tempuh di atas anda tidak juga mengganti oli gardan pada kendaraan, maka akan sangat beresiko bagi mesin kendaraan anda dan dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan lainnya. Apa saja sih tanda-tanda oli gardan mesti diganti?

1. Suara Mendengung

Pada kendaraan roda 4, jika oli gardan tidak kunjung diganti maka akan terdegar suara dengung yang keras dari bawah mobil. Suara ini terjadi akibat final gear mesin yang tidak dilumasi dengan baik oleh oli yang tidak layak. Jika anda menambah kecepatan, maka suara dengung ini akan semakin keras. Oleh karena itu kendaraan anda membutuhkan pergantian oli gardan yang baru. Bagi sepeda motor matic, gejalanya juga sama, suara mesin akan terdengar kasar sebab oli gardan untuk menggerakkan transmisi otomatis tidak lagi kental.

2. Kendaraan Bergetar

Jika anda sedang berada pada jalan menurun dan mobil tiba-tiba bergetar, itu artinya oli gardan anda sudah tidak layak. Hal ini terjadi akibat topang gardan yang menahan beban mobil tidak lagi bekerja dengan baik akibat pelumasan yang tidak sempurna sehingga getaran pada jalan menurun tidak bisa dihindari. Begitu juga sepeda motor, mesin akan bergetar dan terdengar kasar jika oli gardan pada sepeda motor matic tidak kunjung diganti.

3. Oli Gardan Terkontaminasi

Tahukah anda jika oli gardan memiliki kekentalan hingga SAE 70? Khususnya mobil. Nah, seiring penggunaan yang sering, oli gardan lama-kelamaan akan semakin encer dan juga terkontaminasi. Jika hal ini terjadi maka oli gardan kendaraan sudah tidak layak pakai sehingga anda mesti menggantinya dengan yang baru. Pada motor matic, oli gardan mesti berada pada kekentalan SAE 140 atau SAE 90.

Bagaimana Proses Oli Gardan Membuat Mesin Kendaraan Menjadi Bagus?

Setelah kita jelaskan diawal tadi mengenai fungsi oli gardan, kini kita akan menjelaskan detail mengenai proses kinerja oli gardan itu sendiri untuk kelanjutan mesin kendaraan kita: 

1. Ketika anda mengganti oli gardan dengan yang baru, maka akan langsung bereaksi terhadap mesin kendaraan. Hal ini terbukti dari suara mesin mobil dan motor yang terdengar halus. Nah, proses ini berjalan karena adanya reaksi gesekan antar komponen mesin kendaraan yang menjadi gesekan halus ketika terjadinya pergantian oli gardan. Cairan oli gardan ini tentunya berfungsi untuk memperhalus gesekan antar komponen mesin yang ada pada kendaraan. Dan juga melancarkan kinerja transmisi otomatis, banyak sekali komponen yang saling bergesekan di dalam transmisi matic sehingga oli gardan punya peran vital dalam hal ini. Tentu untuk membuatnya semakin baik, anda juga mesti memperhatikan oli transmisi kendaraan.

 2. Tentunya oli gardan memiliki proses yang detail terhadap sebuah mesin kendaraan.  Contohnya adalah karatan pada logam komponen mesin yang menjadi hilang potensi kemunculannya, karena dilakukannya pergantian oli gardan secara berkala. Yap! Benar! Oli gardan punya peran penting untuk membuat komponen mesin tidak menjadi karatan. Jika sudah terjadi karatan pada mesin mobil atau motor maka akan ada kerusakan-kerusakan selanjutnya.

 3. Nah yang berikut ini cukup unik. Tahukah anda bahwa fungsi oli gardan juga mengurangi polusi udara dari kendaraan? Karena jika oli gardan tidak pernah diganti atau jarang diganti, maka produksi asap kendaraan akan semakin meningkat dan pekat dari yang biasanya. Tentunya tidak jarang kita melihat banyak macam kendaraan yang mengeluarkan asap hitam dari knalpotnya, sudah jelas itu disebabkan oleh oli gardannya yang tak kunjung diganti. Disini peran oli gardan membantu membuat mesin menjadi lebih muda kembali sehingga dapat menghasilkan asap normal, alias bukan asap hitam dan tebal. Maka dari itu rajinlah mengganti oli gardan secara berkala agar kendaraan anda tidak mengeluarkan asap tebal nantinya.

 4. Mesin kendaraan jadi dingin serta juga dapat melumasi kontak gigi gardan yang mana saat kita hendak melakukan pergantian gigi, akan mulus prosesnya. Akibat oli gardan jarang diganti, maka saat hendak mengganti giginya terasa sendat dan sedikit macet. Juga disertai suhu mesin yang lebih cepat panas dari biasanya. Hal ini sudah sangat vital karena terkait suhu mesin. Mengapa begitu? karena jika suhu mesin jauh lebih panas dari batas normal akan memunculkan api dan sehingga dapat merusak satu per satu komponennya karena hangus. Oli gardan disini menjalankan proses untuk melumasi setiap gear komponen mesin kendaraan dan juga memuluskan gardan komponen gigi pada mobil, serta menyejukkan kembali suhu mesin untuk beroperasi. Jika oli gardan selalu diganti secara berkala, maka akan terasa nyaman dalam membawa kendaraan karena lancar untuk mengganti handling gigi serta suhu mesin kendaraan yang normal. Begitu juga dengan motor, oli mesin gardan yang diganti secara berkala akan menghindari mesin motor memunculkan suara berisik.

Daftar Harga Oli Gardan Motor

Dengan berkembangnya teknologi, maka segala bentuk perlengkapan motor pun kini semakin canggih. Termasuk oli gardan motor yang tentunya juga punya kualitas tinggi. Nah, bagi anda yang ingin tahu harga oli gardan motor, berikut informasinya:

Yamalube Gear matic

Harga: Rp 16.000

Oli Gardan AHM Honda

Harga: Rp 12.000

Pertamina Enduro Gear

Harga: Rp 19.000

T.TRAAX Matic

Harga: Rp 15.000

STP Gear Oli Matic

Harga: Rp 19.000

Faito Gear Oil 90w

Harga: Rp 41.000

Castrol Scooter Gear Oil

Harga: Rp 18.000

VROOAM Scoot 75w-90

Harga: Rp 112.000

 

Cara Ganti Oli Gardan Motor Matic

Jika anda punya kendaraan seperti motor matic, maka jangan pernah menyepelekan dalam hal pergantian oli gardan. Di Indonesia sendiri, pemakaian motor matic dalam rutinitas sangat umum sebab memang motor matic sangat praktis dan hemat dalam pemakaian bahan bakar. Oleh karena itu tidak heran motor matic menjadi primadona bagi banyak orang, termasuk anda. Banyak manfaat yang akan anda rasakan jika mengganti oli gardan motor matic secara rutin. Pertama tentunya menghindari suara berisik dari kotak CVT motor matic. Jika anda mengganti oli gardan motor dengan disiplin, maka resiko tingkatan pergesekan tinggi pada transmisi kendaraan roda dua ini akan semakin rendah. Oli gardan pada motor matic punya fungsi untuk melumasi celah-celah sempit yang ada pada gear CVT sehingga dapat menahan temperatur tinggi pada daya pelumasan. Lalu bagaimana cara mengganti oli gardan pada motor matic? Sebenarnya mudah jika anda mengikuti setiap langkahnya secara seksama.

Parkirkan Motor pada Tempat yang Rata

Hal pertama yang bisa anda lakukan dalam mengganti oli gardan motor adalah dengan memakirkan motor pada dataran yang rata. Setelah itu anda bisa mengantur standar 2 motor agar letak kotak CVT bisa lebih jelas terlihat. Kemudian pada posisi bawah dekat kotak CVT, anda bisa membuka baut penguras agar oli transmisi bekas pemakaian bisa keluar hingga selesai.

Siapkan Oli Gardan untuk Motor

Siapkan oli transmisi motor yang bisa anda beli pada bengkel terdekat dengan harga kurang dari 10.000. Saat oli gardan sudah dibeli, anda bisa membuka lubang baut pengisi. Baut pengisi ini berada persis di atas baut penguras yang berada pada posisi bawah. Jangan lupa juga, ketika anda membuka baut penguras, maka siapkan wadah untuk menampung oli gardan bekas terssebut agar tidak kena lantai tempat anda memarkirkan motor. Pastikan oli bekas tersebut keluar secara total, jika perlu anda bisa memiringkan motor agar tetesan dari oli sepenuhnya keluar habis.

Isi Oli Gardan yang Baru

Setelah oli gardan bekas sudah sepenuhnya keluar, anda mesti kembali memasang baut penguras secara kuat. Setelah dirasa baut penguras sudah terpasang erat, anda bisa mulai mengisi oli gardan baru pada lubang baut pengisi. Pastikan mulut wadah oli gardan yang baru sedikit masuk ke dalam lubang baut pengisi agar oli yang sedang diisi tidak tumpah dan masuk semua ke dalam bagian transmisi motor matic. Jangan lupa untuk sedikit memencet wadah oli gardan yang baru agar oli kental yang sedang diisi tersebut dapat mengalir menuju mulut wadah sehingga masuk ke dalam lubang pengisi.

Pastikan Baut Terpasang Erat

Setelah oli gardan baru sudah diisi, anda mesti memasang kembali baut pengisi secara erat dan kuat. Tidak hanya itu, pastikan juga baut penguras juga terpasang kuat agar tidak terjadi kebocoran pada oli gardan yang baru saja diisi. Dengan begitu, pergantian oli gardan motor matic sudah selesai dan anda bisa kembali mengendarai motor dengan nyaman dan aman.

Cara Ganti Oli Gardan Mobil

Jika kita berbicara oli gardan, maka jenis oli ini tidak hanya digunakan oleh sepeda motor, tapi juga mobil. Jika ingin praktis, anda bisa mengganti oli mesin gardan kendaraan roda 4 di bengkel, namun bukan berarti anda tidak bisa menggantinya sendiri di rumah. Nah, bagi anda yang ingin mengganti oli gardan kendaraan roda 4 sendiri, berikut cara-caranya yang bisa anda ikuti.

Parkirkan Mobil Di Lahan Rata

Seperti sepeda motor, pastikan anda dapat memarkirkan mobil pada area yang aman dan nyaman. Tidak hanya itu, pastikan juga mobil bisa terparkir pada area yang rata sehingga lebih memudahkan anda untuk menjangkau sistem gardan mobil. Jangan lupa untuk menarik rem tangan agar bisa aman dalam mengganti oli gardan.

Kuras Oli yang Lama

Langkah berikut yang mesti anda lakukan adalah memasuki ruangan bawah mobil tempat oli gardan berada. Ada 2 lubang yang bisa anda temui, yakni lubang penguras dan juga lubang pengisi oli. Siapkan wadah untuk menampung oli bekas yang ingin diganti. Lalu anda sudah bisa membuka baut penguras pada bagian bawah mobil agar oli yang lama bisa terkuras habis, baiknya lagi anda bisa menggunakan tenaga kompresor untuk mempercepat keluarnya oli gardan yang lama ini. 

Pengisian Oli yang Baru

Setelah oli gardan bekas terkuras habis, anda sudah bisa mengisi oli gardan yang baru dengan menggunakan 2 wadah pilihan, yakni dengan plastik atau botol. Jangan lupa juga untuk membuka baut lubang pengisi terlebih dahulu dan memasang baut lubang penguras secara erat. Jika menggunakan botol, maka anda perlu menggunakan selang sebagai penghubung antara botol dan area tempat oli gardan berada. Dengan begitu pastinya oli gardan baru akan terisi secara perlahan. Anda juga bisa menggunakan wadah plastik untuk mengisi oli gardan mobil ini, tinggal memasukkan sedikit mulut plastik agar oli bisa mengalir pelan menuju ruang gardan mobil. Pastikan oli yang terisi mulai dari volum 1 hingga 2 liter maksimal. Jika sudah selesai mengisi, anda bisa memasang baut pengisi dengan kuat agar tidak terjadi kebocoran. Dengan begitu pergantian oli gardan mobil sudah selesai.

Dimana Bisa Mendapatkan Oli Gardan?

Banyak yang bertanya mengenai cara menggantikan oli gardan yang baru. Pemilik kendaraan hanya perlu pergi ke bengkel untuk dilakukan penggantian oli gardan.  Hal ini sangatlah umum, dan juga sudah menjadi kebutuhan mayoritas kendaraan. Jadi oli gardan bisa didapatkan hampir pada setiap outlet bengkel yang ada. Tidak disarankan pergantian oli gardan dilakukan di tempat-tempat yang kelihatannya tidak meyakinkan, karena ada juga beberapa tempat yang mencampur isi oli gardan dengan air biasa lalu mereka menyegelnya kembali. Oli gardan bisa juga diganti oleh sang pemilik kendaraan sendiri di rumahnya, yaitu dengan membeli oli gardannya saja dan menggantinya di rumah. Contohnya saja pergantian oli gardan motor yang sangat mudah untuk dilakukan sendiri, seperti yang sudah dijelaskan di atas.

Hanya saja yang terpenting adalah kita harus melakukan ini secara berkala dan sangat tidak disarankan untuk melewati batas waktu yang ditentukan. Jika telat mengganti oli gardan mobil atau motor, kita akan terima akibatnya dengan mendapatkan bunyi mesin yang kasar, macet saat hendak ganti gigi mobil, cepat panasnya suhu kendaraan,  atau juga berkaratnya setiap komponen mesin. Tidak hanya itu, juga akan terjadi gesekan kasar hingga komponen mesin menjadi haus dan terjadilah kerusakan berantai yang mana tidak diinginkan oleh semua pecinta kendaraan dimanapun anda berada. Jadi cintailah kendaraan kita, dengan rajin melakukan pergantian oli gardan secara berkala, karena itu sangat baik untuk mesin kendaraan kita.

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2020, Hak cipta dilindungi Undang-undang.