TIPS & TRIK
TIPS & TRIK
06-January-2020

PUNYA MOBIL MATIK? JANGAN LANGSUNG DI TOWING, BIAR GAK PERLU GANTI TRANSMISI

Banjir di Jakarta dan sekitarnya telah menelan  ratusan mobil, tak terkecuali bertransmisi matik. Apalagi mayoritas transmisi ini begitu digemari di kota-kota besar. Biar tidak menguras isi kantong lebih banyak, jangan asal di towing ya... 

LEPAS KUTUB AKI

Baterai atau aki merupakan sumber listrik di kendaraan. Untuk menghindari korsleting setelah mobil terendam banjir, otomatis perlu memutus koneksi sumber listrik dengan komponen kelistrikan di mobil. 

PINDAH TUAS TRANSMISI KE NETRAL

"Satu yang wajib untuk mobil bertransmisi matik adalah memindahkan transmisi dalam posisi netral," terang Taqwa Suryo Swasono, punggawa Garden Speed di bilangan Cilandak, Jakarta. 

Taqwa SS yang juga merupakan Chief Mechanic Autochem Racing ini pun menambahkan bahwa setiap transmisi matik memiliki cara kerja yang berbeda. 

Umumnya, transmisi matik tinggal menekan shift lock untuk mengeser tuas dari P (Parking) ke N (Netral). Bahkan ada yang tinggal menggesernya saja, namun juga ada yang perlu dikontak ON agar tuas dapat dipindahkan.

Untuk kondisi yang terakhir, tentu hal ini tidak dapat dilakukan karena akan berdampak pada kerusakan yang lebih parah ketika kunci dikontak ON. Korsleting akan mudah terjadi.

Solusinya adalah roda penggerak harus diangkat agar tidak merusak transmisi matik. Bisa menggunakan dongkrak. Atau jika transmisi terkoneksi dengan kopel ke gardan atau roda penggerak, maka kopel dapat dilepas terlebih dahulu. Alhasil, roda dapat bergerak bebas akibat terputusnya koneksi dengan transmisi. 

"Intinya,  ini merupakan pekerjaan mekanik untuk mengakali agar roda tidak terkunci oleh transmisi sehingga mobil bisa didorong dan kemudian di towing. Tentu setiap mobil memiliki pendekatan dan tingkat kerumitan yang berbeda," tutup Taqwa.

Gatot Subroto KM 7 Jatake, Jati Uwung Tangerang, Banten 15136
+62(21)5900131
Sales[at]autochemindustry.com
Unicall 0-807-1-799-799

© Autochem Industry 2020, Hak cipta dilindungi Undang-undang.