PT Autochem Industry menghadirkan varian baru oli MASTER Durability 20W-40 untuk konsumen sepeda motor matic di Indonesia, termasuk untuk keluarga Maxi Yamaha. Pelumas Master Durability 20W-40 API SL/MB memiliki pilihan kemasan 0.9L yang sangat cocok untuk Yamaha Aerox 155 dan Yamaha NMax 155. Sedangkan kemasan 0.8L sangat cocok untuk motor matic pada umumnya dengan kapasitas mesin hingga 125 cc.
Kedua Maxi Yamaha tersebut memiliki kapasitas oli mesin 0.9L. Sedangkan oli mesin motor matic yang dipasarkan di Indonesia rata-rata hanya memiliki pilihan kemasan 0.8L atau 1L. Sehingga, pemilik keduanya akan kerepotan saat mengisi oli mesin baru, di mana pilihan oli mesin hanya kemasan 1L dan harus mengurangi pengisian hingga 0.1L sehingga kurang akurat takarannya.
Bisa saja memaksakan mengisi dengan kemasan 0.8L, tetapi takarannya di bawah batas standar yang berisiko menurunkan performa oli dan berkurang banyak volumenya seiring berjalannya pemakaian motor. Dengan adanya oli MASTER Durability, pemilik Maxi Yamaha tidak perlu repot lagi dalam pengisian oli mesin karena pasti sesuai takaran yang ditentukan.
Pemilihan tingkat kekentalan 20W-40 juga sudah melalui riset panjang hingga durability test antara Jakarta – Lombok supaya dapat memenuhi kebutuhan mesin semua jenis sepeda motor matic. Seperti diketahui, clearance atau celah antara forged piston dengan dinding silinder mesin motor matic Yamaha dalam kondisi baru berada antara 0,03-0,04 mm. Sedangkan celah casting piston milik motor matic Honda berada di kisaran 0,02-0,03 mm saja.
Dengan clearance yang cukup besar, mesin motor matic Yamaha membutuhkan oli yang cukup kental saat beroperasi namun tidak sampai membuat kerja mesin berat. Angka SAE 40 diyakini memadai untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Pelumasan mesin dapat berlangsung mulus pada suhu kerja mesin dan oli tidak mudah menguap untuk menjaga performanya dalam melindungi komponen bergerak di dalam mesin. Oli ini tetap sanggup memenuhi kebutuhan pemilik motor matic lainnya yang mengutamakan oli tangguh dengan daya tahan tinggi.
Namun bagaimana ketika suhu mesin masih dingin seperti di pagi hari saat motor baru dinyalakan?
Dalam keadaan tersebut, mesin belum panas dan clearance piston terbuka lebar lantaran belum ada pemuaian. Alhasil, oli mudah menyusup ke ruang bakar dan cepat habis jika menggunakan SAE 0W atau 5W. Solusinya, oli MASTER Durability memanfaatkan SAE 20W untuk menjaga agar oli tetap kental sehingga lebih sulit menyusup masuk ke ruang bakar saat suhu dingin atau logam dari komponen bergerak belum memuai.
Oli tangguh ini sangat cocok untuk sepeda motor matic dengan penggunaan harian dan kerja berat seperti ojek online atau kurir ekspedisi. Sepeda motor matic yang mereka gunakan dapat berjalan hingga jarak ratusan kilometer perhari di tengah cuaca panas terik dan membawa muatan berat, diperparah jalan macet yang menguras stamina mesin. Oli ini sanggup melindungi dan melumasi komponen mesin dengan optimal dan tidak mudah berkurang berkat tingkat kekentalan yang pas.
Harganya juga ekonomis dan bersaing. Kemasan 0.8L dijual di bawah Rp 50 ribu dan kemasan 0.9L dijual di bawah Rp 55 ribu yang dapat dibeli di toko-toko aksesoris motor dan bengkel motor langganan Anda.